MSI Music School of Indonesia

Info

Music school of Indonesia (MSI) sendiri sebenarnya berawal dari Guitar School of Indonesia (GSI) yang didirikan pada Januari 2009 oleh salah satunya oleh gitaris terkenal Dewa Budjana, Bernard Larso, dan Setiawan Winarso. Terdapat dua kelas pada waktu itu, yaitu Guitar School dan Bass School. Namun, banyaknya permintaan dari  para orangtua murid, maka kelas musik pun ditambah menjadi Drum School, Keyboard School, dan Vokal School. Sejak saat itulah, tepatnya pada bulan September 2011, MSI resmi didirikan dengan 5 kelas musik tersebut.

Ditemui  Majalah Talent di kantor MSI Pusat di bilangan Pondok Indah Jakarta Selatan, Operational Manager MSI,  Andre Key, menjelaskan bahwa saat ini MSI sudah memiliki 5 cabang, antara lain Pondok Indah sendiri, Tebet, Kelapa Gading, Kuningan, dan Surabaya.

“Kriteria murid di MSI juga beragam, mulai dari anak-anak (Kids Program/4-5 tahun), Remaja (Teenage Program/SD-SMP-SMA), dan Advance Program,” ujarnya.

msiAndre juga menambahkan bahwa untuk masuk dan belajar musik di MSI, calon siswa tidak harus menjalani tes masuk namun mengikuti semacam free trial. Tujuan dari free trial ini adalah untuk mengetahui kemampuan dan pengetahuan calon siswa sehingga nantinya akan diketahui kelas atau program apa yang tepat baginya.

“Bahkan untuk calon siswa yang sama sekali tidak atau belum menguasai alat musik pun bisa mulai belajar di MSI. Nanti, di sinilah kemampuan musik mereka dilatih dan diasah,” jelasnya.

Selain kelas-kelas yang didasarkan pada kurikulum, di MSI juga terdapat kelas Hobby. Kelas ini diperuntukkan bagi mereka yang ingin belajar musik namun tidak terlalu serius. Andre menjelaskan yang mengikuti kelas ini biasanya orang tua atau pendamping siswa yang mengantar anaknya, yang  sambil mengisi waktu juga ikutan belajar musik sekadar untuk mengasah skill. Kelasnya sendiri sengaja dirancang santai dan tidak monoton. “Sambil nungguin anaknya atau adiknya belajar, nah orang tuanya atau kakaknya bisa belajar musik juga, tapi lebih santai. Jadi, hanya sekadar just for fun,” ujarnya.

Bagi mereka yang ingin lebih serius belajar atau masih merasa kurang waktu, MSI juga menyediakan kelas intensif maupun privat. Bahkan di MSI juga menyediakan kelas profesional yang diperuntukkan bagi mereka-mereka yang ingin lebih serius belajar musik. Kelas ini dinamakan Professional Academy berlangsung selama 1 tahun dengan biaya yang sangat terjangakau. Peminat program ini sendiri cukup banyak. Saat ini program ini sudah meluluskan 3 angkatan. Saat ini kelas yang tersedia masih untuk kelas gitar.

MSI juga memberikan beasiswa bagi siswa yang berprestasi. Beberapa penerima  beasiswa antara lain Satria Bima (gitar), Bima Suraji (Drum), dan Sarika Wijaya (Vokal). Satria Bima, misalnya, penerima beasiswa MSI ini kini ditunjuk sebagai endorser dari produk-produk gitar Melodia.

Melihat antusiasme animo masyarakat akan pendidikan musik, ke depan MSI akan mengembangkan menjadi 51 cabang di seluruh Indonesia.

Share this:
© 2015 MUSICREVIEWDOTCOM | Listening • Playing • Performing • Recording

About Us | Advertisement | Contact Us